Candi Prambanan Mahakarya Kebudayaan Hindu Termegah di Indonesia

Candi Prambanan Mahakarya Kebudayaan Hindu Termegah di Indonesia

Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota wisata terbesar di Indonesia setelah Bali. Hal ini tak lepas dari salah satu situs bersejarah yang satu ini, ya betul sekali Candi Prambanan adalah salah satunya. Candi Prambanan yang berlokasi di pinggir jalan Jogja-Solo yang kurang lebih 17 kilometer dari pusat kota Yogyakarta.

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Objek wisata Candi Prambanan merupakan salah satu candi Hindu terbesar di Indonesia dan ditengah area yang kini dibangun taman indah. Candi yang dibangun pada masa pemerintahan dua raja, Rakai Pikatan dan Rakai Balitung pada abad ke-10, candi ini biasa disebut oleh masyarakat sekitar dengan Candi Roro Jonggrang.

Menurut Paket Wisata Jogja legenda yang selalu diceritakan oleh masyarakat jawa, Dikisahkan lelaki bernama Bandung Bondowoso kesatri dari kerajaan Pengging, jatuh cinta kepada Roro Jonggrang putri tunggal Prabu Baka. Putri Roro Jonggrang ya tak memiliki perasaan cinta kepada Bandung Bondowoso pun menolak dengan halus dengan meminta dibuatkannya candi dengan 1000 arca dalam waktu semalam. Dengan di bantu bala tentara makluk halus bandung bondowoso pun mengiyakannya. Permintaan yang hampir selesai pun digagalkan oleh Roro Jonggarang dengan meminta warga desa menumbuk padi dan membakar jerami di sebelah timur yg menyerupai matahari terbit membuat bala tentara Bandung Bondowoso ketakutan. Karena merasa dicurangi Bandung Bondowoso yang baru dapat membuat 999 arca kemudian mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca yang ke 1000 .

Candi Prambanan

Menjulang setinggi 47 meter (5 meter lebih tinggi dari Candi Borobudur), terdiri dari 3 candi utama yaitu Wisnu, Brahma, dan Shiwa yang melembangkan ajaran Trimurti dalam kepercayaan agama Hindu. Ketiga candi ini menghadap ke timur dengan masing-masing memiliki candi pendamping yang menghadap ke barat, yaitu Nandini untuk Shiwa, Angsa untuk Brahma, Dan Garuda untuk Wisnu. Selain itu, masih terdapat 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Sementara, halaman kedua memiliki 224 candi.

Candi Shiwa yang berada di tengah adalah paling tinggi. Ada 4 buah ruangan didalamnya, satu ruangan utama berisi arca Siwa, sementara 3 ruangan yang lain masing-masing berisi arca Agastya (guru Siwa), Durga (istri Siwa), dan Ganesha (putra Siwa). Arca Durga itulah yang disebut-sebut sebagai arca Roro Jonggrang dalam legenda yang diceritakan di atas.

Masih banyak lagi mengenai Candi Prambanan, Anda bisa langsung mengunjunginya dijogja, tepatnya Jalan Raya Jogja – Solo Km 16, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Bila anda merasa lelah berputar-putar, anda bisa istirahat di taman candi.

About the author

pakettourjogja administrator

Leave a Reply