Candi Sari Biara Para Pendeta

Candi Sari Biara Para Pendeta

Untuk mengobati rasa penasaran yang selalu menghantui disetiap melewati jalan Jogja-Solo. Kami pun menyempatkan untuk mengikuti plang menuju suatu candi yg selalu menghantui pesaran kami. Apakah yang ada dari ujung plang yang terpamapang dipinggir jalan Jogja-Solo. Setelah jalan yang kami ikuti habis sampailah saya disuatu komplek Candi.

Candi Sari

Candi Sari

Dalam paket wisata jogja yang kami tawarkan berikut ini menyuguhkan bagaimana keindahan daripada candi sari yang terletak di kota jogja. Candi Sari adalah nama tempat ini, sekilas membuat kita bingung perbedaan dari Candi Sambisari dan Sari karena namanya yang hamper mirip. Sebelumnya kami kira Candi Sari sama dengan Candi Sambisari, tapi ternyata kami salah presepsi.

Candi Sari

Candi Sari

Tak jauh dari Candi Kalasan lokasi ini beralamatkan di Desa Bendan, Kelurahan Tirtamartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Sesuai dengan nama desa tempatnya berada, Candi ini juga disebut Candi Bendan.

Pada pertama kali candi ini ditemukan dalam keadaan rusak, dan dilakukan pemugaran pertama kali pada tahun 1929 hingga 1930. Secara keseluruhan candi ini terlihat cantik seperti rumah dan bentuknya bertingkat seperti Candi Pelaosan. Namun bedanya Candi Sari memiliki beberapa jendela.

Dilihat dari bangunannya Candi Sari berlatar belakang agama Budha. Didalam Candi yang menghadap ke timur ini terdapat tiga buah ruangan. Pada dinding utara dan selatan bilik bawah, terdapat relung yang dihiasi dengan kalamakara. Pada sisi luar tubuh candi, terpahat arca-arca dewa Boddhisatva dan Tara. Arca-arca tersebut berjumlah 36 buah (8 di sisi timur, 8 di utara, 8 di selatan, dan 12 di barat). Pada umumnya arca ini digambarkan dengan sikap lemah gemulai (sikap Tribangga) dan memegang teratai merah dan biru. Dinding luar candi dilengkapi dengan bajralepa. Lebih detail mengenai Candi Sari saksikan video berikut oleh Arif Permana Putra (Candi Sari).

Pembuatan dari pada Candi Sari ini diperkiran sama dengan Candi Kalasan karena berdasarkan wihara dalam Prasasti Kalasa, yaitu abad ke-8 pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran. Dan candi ini dahulunya digunakan  sebagai (Asrama pendeta Buddha).

Rute perjalanan Candi Sari Jogjakarta

Tiket masuk Candi Sari bisa anda peroleh di sebuah pos penjagaan kecil di depan gerbang Candi Sari. Dengan hanya membayar Rp. 2000,- saja anda sudah bisa memasukinya. Lokasi ini hanya dapat dicapai dengan kendaraan pribadi, karena aksesnya angkutan umum tidak dapat menjangkaunya. Rute yang anda dapat lalui : Jl. Jogja-Solo – Masjid An-Nurumi Kalasan – belok kiri 100 m – Candi Sari.

atau anda dapat melihatnya secara detail dan jelas melalui google map berikut ini :

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mengunjungi candi sari jogja ini? jika iya yuk langsung saja reservasi paket wisata jogja candi sari dengan cara menghubungi kami di 087839162479.

About the author

pakettourjogja administrator

Leave a Reply