Candi Tara (Kalasan), Candi Budha Tertua

Candi Tara (Kalasan), Candi Budha Tertua

Sebuah sejarah merupakan suatu pembelajaran penting dari para pendahulu untuk generasi penerus. Bangsa Indonesia terutama, karena begitu banyak bukti sejarah yang ada di bangsa ini. Salah satunya adalah “Candi”, yang merupakan bukti dari kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu dan Budha yang berjaya pada masanya. Meskipun zaman sekarang dan keyakinan kita sudah berbeda-beda kita wajib menjaga dan melestarikan peninggalan-peninggalan bersejarah para pendahulu. Peninggalan bersejarah adalah aset negara yang sangat berharga.

Candi Kalasan

Candi Kalasan

Indonesia merupakan negara dengan terdiri dari berbagai suku, budaya dan agama yang berbeda-beda namun tetap satu jua. Hal ini dapat kita lihat dari bukti peninggalan sejarah yang ada. Contohnya ada pada Candi Tara atau Kalasan menurut dari cerita yang ada, Candi Kalasan yang merupakan candi yang bercorak Budha tertua di Jogjakarta dan Jawa Tengah didirikan pada masa Raja Rakai Panangkaran dari dinasti Syailendra yang menganut agama Hindu. Candi Tara ini dibangun Rakai Panangkaran atas usulan dan bujukan guru dari gurunya, untuk penyembahan Dewi Tara bagi para penganut agama Budha. Yang selanjutnya digunakan sebagai penghargaan atas perkawinan antara Raja Pancapana dari Dinasti Sanjaya dan permaisuri dari Dinasti Sailendra, Dyah Pramudya Wardhani ini terdapat ornamen/ukiran yang dipahat dengan halus dan dilapisi dengan “vajralepa”, bahan kekuning-kuningan terbuat dari getah pohon tertentu. Candi ini meberikan pembelajaran bagi kita semua tentang kerukunan umat beragama pada masa itu.

Candi Kalasan

Candi Kalasan (pict by :Cindra_krisna)

Candi Tara yang berlokasi berlokasi di daerah Kali Bening, Desa Tirtomantani, kecamatan Kalasan, kabupaten Sleman, DIY, 50 M disebelah selatan jalan Jogja-Solo. Karena berada di kecamatan Kalasan, candi ini lebih dikenal di masyarakat dengan sebutan Candi Kalasan. Secara keseluruhan Candi Kalasan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu atap candi, tubuh candi dan kaki candi. Candi yang berketinggian 34 meter ini berbentuk bujur sangkar dengan setiap sisinya berukuran 45 meter.

Candi Kalasan

Candi Kalasan (pict by : klinz129)

Pada bagian atap candi, berbentuk persegi delapan dan dibagi menjadi dua tingkat, tingkat pertama terdapat sebuah arca yang melukiskan manusia Budha, dan tingkat kedua teradapat arca yang menggambarkan Yani Budha. Diperbatasan atap dan tubuh candi terdapat hiasan bunga makhluk kayangan yang bertubuh kecil bernama Gana. Sedangkan pada bagian puncak melambangkan kemuncak semeru yang berbentuk bujur sangkar yang dihiasi beberapa stupa.

Pada bagian tubuh Candi, pada permukaan luar tubuh candi mempunyai relung-relung yang menghiasi sosok dewa yang sedang memegang bunga teratai dengan kondisi berdiri. Dari sisi sebelah timur anda dapat memasuki bilik yang didalamnya berada singgasana berhiaskan motif singa yang sedang berdiri di punggung gajah.

Bagian kaki candi berbentuk lebar dan berbentuk bujur sangkar yang ditengahnya terdapat tangga berhias makara pada sisi ujungnya. Fondasi candi berbentuk Greek Cross.

Keunikan yang ada pada Candi Kalasan ini ada pada Indahnya hiasan dan pahatan yang halus. Selain itu ornamen dan relief pada dinding luarnya dilapisi sejenis semen kuno yang disebut Vajralepa. Vajralepa berfungsi sebagai pelindung lumut dan jamur, memperhalus ukiran menjadi bagus. Lebih detailnya saksikan video berikut oleh WisataRaya (Candi Kalasan – Tempat Wisata di Sleman, D.I. Yogyakarta)

Rute perjalanan

Akses yang anda lalui bila anda dari arah Klaten menuju Jogja (gapura Perbatasan). Ambil jalur di sebelah kiri Setelah Ayam Goreng Kalasan Resto ada belokan ke kiri. Jarak antara restoran dan belokan sekitar 500 meter. Belok kiri lalu masuk ke jalan sempit. Letak candi ada di sisi kanan (selatan).

Harga Tiket dan Fasilitas

Harga tiket masuk Rp.2000,- untuk dewasa Rp.1000,- anak-anak (update 1 Juni 2014). Fasilitas yang ada : Tempat parkir, Mushola, Toilet dan warung-warung kecil dirmah penduduk.

Paket wisata jogja menyediakan paketan ke Candi Kalasan dan yang lainya, atau pun tiket pesawat. Untuk lebih detailnya silahkan kunjungi pakettourjogja.com

About the author

pakettourjogja administrator

Leave a Reply