Desa Wisata Ketingan

Desa Wisata Ketingan

Siapa menyangka jika peresmian gapura yang dilakukan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X di tahun 1997 lalu memberikan dampak yang postif bagi lingkungan, khususnya pagi warga Dusun Ketingan, Desa Tirtoadi, Mlati, Sleman. Hal ini disebabkan karena beberapa hari setelah peresmian ribuan burung kuntul tiba-tiba saja datang dan hampir membuat sarang pada setiap pohon yang ada di dusun tersebut. Hal ini pastinya memberikan dampat yang sangat postif bagi warga sekitarnya.

dusun ketingan

dusun ketingan

Awal mula kedatangan burung kuntul ini dianggap sebagai hama bagi warga sekitar, karena warga takut jika produksi buah melinjo menurun akibat pohonnya dijadikan tempat untuk membuat sarang. Selain itu juga warga sekita merasa terganggu dengan kotoran burung kuntul ini, dan pastinya timbul rasa khawatir akan penyakit yang bisa didapatkan dari kotoran burung ini. Sehingga para warga pun berusaha untuk mengusir para burung ini agar segera meninggalkan dusun mereka, alih-alih meniggalkan area ini, para burung malah semakin berkembangbiak di lingkungan tersebut dan jumlahnya semakin banyak, alhasil para warga sadar untuk berbagi wilayah atau tempat untuk hidup bersama dalam satu lingkungan. Bahkan jika ada anak burung kuntul ini ada yang jatuh ke bawah, para warga bersedia untuk merawatnya sampai dengan umur yang cukup dewasa untuk dilepaskan kembali ke lingkungan sekitar.

dusun ketingan

dusun ketingan

dusun ketingan

dusun ketingan

Seiring berjalannya waktu para warga pun mulai hafal dengan aktifitas burung kuntul ini mulai dari cara para burung mencari makan musim kawin hingga musim migrasi, musim menetas sudah mereka hafalkan. Semua ini memang benar adanya, dan bagi anda yang ingin melihat bagaimana burung-burung kuntul ini maka anda dapat hadir di bulan oktober, dan jangan anda datang di bulan September, karena dibulan ini para burung sedang bermigrasi, meninggalkan ketinggian untuk beberapa saat. Suara mereka pun tidak terdengar ramai seperti di bulan oktober, dimana suara-suara ini pada umumnya selalu menemai para petani saat mengolah sawah.

Ingin melihat bagaimana aktifitas dari burung kuntul yang terletak di dusun Dusun Ketingan, Desa Tirtoadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta ? jangan khawatir karena dalam akhir postingan berikut ini kami sajikan beberapa video yang mengungkapkan bagaimana kehidupan burung kuntul di dusun ketingan yogyakarta.

Video Burung Kuntul di Sleman

Anda ingin mengunjungi lokasi wisata burung kuntul ini ? silahkan ikuti arah peta berikut ini.

Anda ingin datang dan mengunjungi lokasi wisata ini, namun bingung dengan arah nya? jangan khawatir karena kami siap membantu anda, karena kami disini menyewakan driver dan arma yang siap kapan pun untuk mengantar anda mengunjungi dusun ketingan.

About the author

pakettourjogja administrator

Leave a Reply