Wisata Alam Goa Kiskendo

Wisata Alam Goa Kiskendo

Paket wisata jogja – anda sedang berada di Jogja dan ingin berlibur ke Jogja tapi bingung bagaimana dan dengan siapa anda ingin memulai semua ini? Jangan khawatir karena kami siap melayani anda untuk membuat liburan anda semakin berkesan selam di kota Jogja, dalam beberapa paket wisata jogja yang sudah kami kemas sebelumnya untuk anda yang ingin berlibur di kota wisata ini.

Kali ini kami kami ingin membahas salah satu lokasi wisata yang masih satu jalur dengan wisata taman sungai mudal yang sebelumnya pernah kami bahas di postingan kami “Taman Sungai Mudal – Surga di Balik Bukit Menoreh” lokasi ini dikenal dengan nama atau sebutan goa kiskendo. Goa kiskendo merupakan goa alam yang terletak di pegunungan menorah 1200 m diatas permukaan laut, untuk secara geografis goa kiskendo ini terletak di dusun Sukamaya, Desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta, atau jika anda berada di jogja maka untuk menuju lokasi wisata ini anda harus menempuh jarak kurang lebih 35 km kea rah barat laut.

goa kiskendo

goa kiskendo

goa kiskendo

goa kiskendo

goa kiskendo

goa kiskendo

Goa kiskendo ini memang terbilang goa yang dikeramatkan oleh wrga sekitar jadi jika anda berkunjung ke lokasi ini maka patuhilah segala peraturan yang ada di dalam goad an jangan sebarangan untuk melakukan segala aktifitas yang tidak diperlukan. Beberapa lokasi wisata yang berdekatan dengan goa kiskendo diantaranya adalah

  • Goa kidang kencono
  • Curug setawing
  • Curug grojogan sewu

Jadi jika anda memiliki waktu yang lebih maka anda bisa menyusuri beberapa lokasi tersebut sekaligus atau dalam waktu 24jam anda dapat menyusuri beberapa lokasi wisata yang kami tawarkan tersebut.jadi jangan ragu untuk memesan jasa kami karena kami pasti bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk anda maupun rombongan anda.

Kembali ke topic goa kiskendo, jika anda menelusuri goa kiskendo ini maka ketika anda memasuki pintu masuk maka anda akan disuguhkan dengan relief yang menceritakan bagaimana atau sejarahnya goa ini terbentuk, dari beberapa mitos yang beredar di warga inilah yang membuat goa ini dikeramatkan oleh warga sekitar.

Mitos Perwayangan Goa Kiskendo

Dahulu kala goa ini merupakan sebuah kerajaan yang dipimpin oleh raja yang luarbiasa bernama Mahesosuro dan lembusuro, dimana menurut legenda warga sekitar kedua raja ini memiliki kepala kerbau dan sapi namun berbadan manusia dan bertubuh raksasa. Dalam kisah perwayangan juga disebutkan jika lokasi ini merupakan lokasi pertempuran antara sugriwa dengan Mahesasura dan patih Lembusura yang menghuni goa kiskendo, jika diperhatikan maka jika anda mengunjungi lokasi wisata goa kiskendo ini maka anda aka menjumpai beberapa stalaktit yang indah dan menarik. Selain itu di dalam goa kiskendo ini anda akan menemui sungai bawah tanah yang didalam cerita pewayangan menceritakan pertempuran antara subali-sugriwa dan mahesasura – lembusura, mengalirkan air yang berwarna merah dan putih.

Selain itu didalam goa ini juga terdapat beberapa ruang dimana setiap ruang memiliki mitos yang berkembang dan mengkar dibenak masyarakat. Mulai dari lidah Mahesosuro, pertapaan, pertapaan santri, pertapaan subali, sumelong, lumbuk kampek, selumbung, babat kendel, sawaha dan lain sebagainya, secara garis besar kisah perwayangan dari Goa Kiskendo ini diukirkan dalam relief didepan mulut goa kiskendo.

Rute Perjalanan Menuju Goa Kiskendo

Jika anda ingin menuju ke lokasi wisata bersama kami Darma Jaya Tour (www.pakettourjogja.com) maka anda bisa mencapai ke lokasi wisata dengan mudah melalui perjalanan melalui jalur menuju Purworejo dari jalan Godean menuju ke arah Pegunungan Menoreh, secara ringkasnya anda bisa ambil rute jalur Godean – Menoreh – Kaligesing – Purworejo. Jika anda masih merasa bingung jangan khawatir karena dibawah ini kami sematkan google map yang bisa membantu anda jika anda ingin berwisata ke lokasi wisata atau goa kiskendo.

Masih penasaran bagaimana keindahan dari lokasi goa Kiskendo? Yuk kita simak video yang sudah diunggah oleh salah satu channel PARIWISATA SV UGM yang telah upload video menark mengenai goa kiskendo ini.

Bagiamana? Apakah ingin mengunjungi lokasi wisata goa kiskendo dan ingin wisata alam religi bersama kami Darma Jaya Tour? Yuk hubungi kami segera dan dapatkan paket wisata jogja religi dengan harga yang relative terjangkau dan aman bersama kami.

 

Mungkin anda juga mencari: 

paket wisata jogja, paket tour jogja, paket wisata jogja 2 hari 1 malam, paket wisata jogja 3 hari 2 malam, wisata di jogja, kuliner di Jogja, paket tour jogja murah, paket tour gunungkidul, paket wisata murah jogja, wisata murah jogja, goa pindul jogja, kalisuci, pantai indrayanti, pantai sundak, pantai baron, keraton yogyakarta, tamansari, malioboro, oleh-oleh bakpia jogja, liburan ke jogja, paket liburan murah meriah, jogja istimewa, tour ke jogja, tour jogja murah, tiket wisata di jogja, kuliner enak di jogja, hotel murah di jogja, backpacker jogja

About the author

pakettourjogja administrator

Leave a Reply