GUDEG MANGGAR MANDING

GUDEG MANGGAR MANDING

 Kuliner Langka dari Selatan Jogja

Jl. Parangtritis Km. 11,5 Manding, Bantul, Yogyakarta, Indonesia

Yogyakarta sering sekali disebut kota gudeg, siang malam selama 24 jam full kita akan dengan mudah sekali menjumpai penjual gudeg disetiap sudut kota, entah di warung lesehan ataupun restoran yang mewah dan nyaman. Gudeg yang terbuat dari nangka muda dimasak bersama gula Jawa dan santan selama berjam-jam hingga terasa legit sehingga menjadi menu wajib bagi para wisatawan yang datang ke Yogyakarta.

manggar

Tidah hanya nangka muda yang bisa dijadikan sebagai gudeg?Pernahkah mendengar gudeg yang terbuat dari bunga kelapa yang masih muda?Gudeg Manggar namanya. Nama gudeg manggar tidak kalah tenar dengan gudeg yang terbuat dari nangka muda, tetapi keberadaanya sudah mulai langka.

Sejarah gudeg manggar adalah hampir 500 tahun sepanjang sejarah Kerajaan Mataram Islam. Kisahnya yang bermula dari Sekar Pembayun yang merupakan putri dari Panembahan Senopati yang menikahi Ki Ageng Mangir Wanabaya, penguasa Mangiran yang ingin ditaklukan oleh ayahnya. Saat tinggal didaerah tersebut, Sekar Pembayun meliahat banyak pohon kelapa yang tumbuh dan mempunyai inisiatif mengolah bunga pohon kelapa dijadiakan makanan sehari-hari dan itulah awal mulanya gudeg manggar. Menurut Ibu Mooryati Soedibyo yang merupakan ahli kecantikan tradisional sekaligus kerabat Keraton mengatakan bahwa mengonsumsi gudeg manggar bisa memunculkan kecantikan luar dan dalam tubuh atau istilah Jawanya adalah klimis.

gudeg manggar

 Meskipun gudeg manggar adalah salah satu kuliner Yogyakarta yang sudah mulai langka, namun bukan bearti tidak bisa menikmatinya. Bagi yang mengingikan Gudeg Manggar tersebut datanglah ke Bantul dan sambangilah rumah makan Manggar Manding, di rumah makan ini kita bisa menikmati sajian gudeg manggar yang rasanya lezat. Bunga pohon kelapa yang masih muda dimasak bersama bumbu-bumbu dan santan hingga berjam-jam lamanya, Manggar yang mudah hancur butuh ketelatenan agar membuat tetap terasa tekturnya. Berbeda dengan gudeg nangka pada umumnya yang sajiannya terasa legit, gudeg manggar manding menawarkan rasa gudeg yang sajiannya rasa gurih dan ramah bagi lidah pengunjungnya.

About the author

pakettourjogja administrator

Leave a Reply