Indahnya Sunset Candi Ijo

Indahnya Sunset Candi Ijo

Candi yang berada di sisi timur kota Yogyakarta, yang merupakan candi berarsitektur alkuturasi budaya Hindu. Mempunyai pesona yang jarang kita temukan candi pada umumnya, karena letaknya diatas bukit ijo di ketinggian sekitar 357.402 m – 395.481 m dpl. Sehingga dari ketinggian kita dapat menyaksikan panorama kota Jogja. Bila musim pansa tiba Wisatawan lebih banyak berdatangangan pada sore hari, karena ingin menyaksikan indahnya sunset dari ketinggian.

Candi Ijo

Candi Ijo

Lokasi Candi Ijo berada di Bukit Ijo, Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, bila sahabat ingin mencari dari GPS bisa mengetik koordinat (S7°47’2.2″ E110°30’44.2″ || Google Maps) Wilayah Candi Ijo masih terletak diantara perbukitan Candi Ratu Boko, Candi Barong dan Candi Banyunibo yang berada diatas perbukitan kecamatan Prambanan.

Untuk rute yang dapat anda lalui apabila  menggunakan mobil / motor pribadi, rute yang ditempuh dari Kota Jogja adalah : Jogja – Jalan Raya Jogja – Solo. Sampai di Km 16 (Candi Prambanan) belok kanan arah Piyungan. Setelah perjalanan sekitar 15 menit, akan nampak papan nama menuju Candi Ijo. Ikutilah papan nama tersebut hingga sampai di kompleks Candi Ijo yang terletak di tepi jalan menanjak Bukit Ijo.

Candi Ijo

Candi Ijo

Untuk masuk ke Candi Ijo sahabat tidak dipungut, cukup hanya mengisi buku tamu yang tersedia. Candi yang dibangun pada abad ke-9 ini terdiri dari 17 struktur bangunan yang terbagi dalam 11 teras . Teras pertama hingga teras ke sebelas berupa teras berundak yang membujur dari arah barat ke timur. Bangunan pada teras ke-11 adalah pagar keliling, delapan bah lingga patok, empat bangunan yaitu candi utama dan tiga candi perwara. Ragam bentuk seni rupa dijumpai sejak masuk ke bangunan ini.

Ketika kami paket wisata jogja berkunjung ke Candi Ijo, kami menjumpai 2 buah prasasti yang terletak di bangunan candi pada teras ke-9. Salah satu prasasti tersebut di beri kode, yang bertuliskan Guyman yang mempunyai arti Pertapaan. Dan prasati yang satunya terbuat dari batu berukuran tinggi 14 cm dan tebal 9 cm, yang pada batu itu tertulis mantra-mantra yang diperkirakan berupa kutukan. Keindahan Candi ijo Bisa anda saksisan melalui video berikut oleh : MUHAMMAD THOHA

Indahnya sunset Candi ijo oleh Yoga Xerox

Bila sahabat berkunjung ke Candi Ijo jangan lewatkan momen terbenamnya matahari, dengan menghadap kebarat duduk di teras sambil bercanda ria, anda akan bisa menikmati indahnya kota jogja yang dihiasi senja.

About the author

pakettourjogja administrator

Leave a Reply