Kemegahan Benteng Vredeburg

Kemegahan Benteng Vredeburg

Salah satu dari beberapa bangunan bersejarah dipusat Kota Yogyakarta yang menjadi daya tarik para wisatawan di kota Gudeg adalah Benteng Vredeburg. Tepat didepan Gedung Agung Yogyakarta terdapat sebuah bangnan bersejarah. Bangunan peninggalan Sri Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1760, yang kemudian mengalami renovasi beberapa kali. Bangunan berupa benteng yang berbentuk bujur sangkar dengan empat tempat penjaga disetiap sudutnya yang disebut seleka atau bastion. Dari keempat tempat tersebut, masing-masing mempunyai nama-nama masing-masing seperti : Sudut barat laut Jayawisesa ,sudut tenggara Jayaprayitna, sudut barat daya Jayaprakosaningprang, sudut timur laut Jayapurusa.

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg

Darma Jaya Tour & travel ketika datang berkunjung ke Benteng vredeburg disuguhkan dengan pintu gerbang yang berasal dari bangunan bekas penjajahan Belanda. Tembok tembal dengan dua pasang tiang pilar yang saling berdampingan menjadi ucapan selamat datang ketika kita memasuki wilayah Benteng Vredeburg. Setelah melangkahkan kaki ke dalam kita akan disambut dengan ucapan selamat datang oleh beberapa buah bangunan tua yang berarsitekturkan Belanda.

Bangunan yang berdiri diatas tanah seluas 2100 m2 yang masih brstatus tanah milik Kraton Yogyakarta ini, beberapa kali mengalami renovasi. Dari masa pemerintahan Nicolas Harting kemudian digantikan W.H. Ossenberch, dari sebelumnya bernama Benteng Rustenburg (benteng peristirhatan)  kemudian terkena gempa dandirenovasi kembali dan diubah nama menjadi Benteng Vredeburg (benteng perdamaian) hingga sekarang. Kami di Jogja merupakan salah satu travel murah di Yogyakarta.

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg

Sejak 23 November 1992 benteng ini diubah nama menjadi Museum Benteng Vredeburg karena benteng ini kini dijdikan Monumen Perjuangan Nasional. Dan untuk sekarang ini sering digunakan untuk kegiatan seni dan budaya. Meskipun sudah berumur ratusan tahun, namun masih terjaga dengan baik.

Kemegahan dari pada Benteng Vredeburg bias anda nikmati disetiap ruangnya yg menyimpan ratusan diorama yang menggambarkan sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajah hingga masa orde baru. Foto, lukisan dan benda bersejarah juga terdapat di Museum ini. Menurut beberapa sumber dan informasi yang ada, tujuan utama dibangunya benteng ini adalah untuk mejaga keamanan Kraton Yogyakarta dan sekitarnya, namun berbanding terbalik dari penjajah Belanda yang pada waktu itu bermaksud untuk mempermudah pengontrolan segala aktivitas perkembangan apa yang ada didalam Kraton. Untuk lebih serunya saksikan video berikut oleh Walking to Yogyakarta (Walking to yogyakarta episode 2 menyusuri benteng vredeburg HD)

Keseruan lain oleh Hikarimedia Sinema (Company Profile Benteng Vredeburg)

Pemugaran bangunan bekas Benteng Vredeburg tetap mempertahankan bentuk luarnya dan pada bagian dalamnya disesuaikan dengan fungsinya sebagai ruang museum. Di paket wisata Jogja kami juga menyediakan paket wisata ke Benteng Vredeburg.

Fasilitas dari Benteng Vredeburg

  • Perpustakaan
  • Ruang Pertunjukan
  • Ruang Seminar, Diskusi, Pelatihan dan Pertemuan
  • Audio Visual & Ruang Belajar Kelompok
  • Hotspot gratis
  • Pemandu
  • Ruang Tamu
  • Mushola
  • Kamar mandi

Harga tiket masuk Benteng Vredeburg

  • Dewasa               Rp. 2.000,-/orang
  • Anak-anak          Rp. 1.000-/orang

Rute menuju Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg berada di kawasan nol kilo meter atau utara dari Alun-alun utara Yogyakarta. Untuk lebih detailnya di google map berikut :

About the author

pakettourjogja administrator

Leave a Reply