Melewati Celah Sempit, Sensasi Pendakian Gunung Api Purba

Melewati Celah Sempit, Sensasi Pendakian Gunung Api Purba

Bagi anda para pemburu sunrise atau para penikmat matahari terbit pastinya tidak ingin melewatkan salah satu lokasi wisata alam ini. Dengan luas 48 hektar di Desa Nglanggeran, Yogyakarta. Lokasi wisata ini memang diperuntukkan bagi anda yang gemar memburu sunrise karena di Gunung Api Purba menyuguhkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

gunung api purba nglanggeran

gunung api purba nglanggeran

Memang medan untuk menuju lokasi tidaklah mulus seperti dikota-kota karena untuk menuju lokasi saja kita harus melewati medan yang cukup terjal. Ketika sampai di lokasi wisatawan diwajibkan untuk membayar tiket masuk dan retribusi parkir. Untuk harga tiket masuk Gunung Api Purba sebesar Rp. 7.000,- sedangkan untuk biaya parkir sangatlah terjangkau karena kita cukup membayar Rp. 5.000,- saja. Namun jangan salah walaupun biaya tiket masuk Gunung Api Purba Nglanggeran ini tergolong murah namun di tahun 2014 tercatat lokasi ini mampu mencetak pendapatan sebesar Rp. 1,4 miliar pada tahun 2014 dengan jumlah pengunjung yang mencapai 325.000 / orang.

selamat datang lokasi wisata

Sungguh angka yang bisa dibilang sangat bagus, mengingat dahulunya lokasi ini sering dieksploitasi warga untuk diambil batu dan pohonnya demi keuntungan pribadi. Melihat hal inilah sekelompok anak muda yang tergabung dalam Karang Taruna, desa ini disulap menjadi salah satu wisata alam dengan sistem atau konsep pengelolaan ekowisata.

Selain melalui lokasi wisata, para penduduk juga menjajakan berbagai macam kuliner khas Gunung api Purba dan Homestay yang disediakan khusus bagi para pengunjung yang ingin menginap di area tersebut untuk menyambut atau trecking ke Gunung Api Purba.

Jika kita sampai dilokasi wisata di pintu masuk pendakian Gunung Api Purba maka kita akan disambut dengan bangunan pendopo khas Jogja, yang dilengkapi dengan erbagai macam ornamen seperti lampu taman. Sebagai pelengkap area lokasi wisata ini juga sudah disediakan toilet di beberapa sudut, papan-papan penunjuk tersebar dimana-mana sehingga jangan khawatir karena tidak mungkin pengunjung tersesat di area wisata.

Jika kita sudah mulai mendaki maka di pendakian pertama maka kita akan disambut dengan batu raksasa yang memiliki ukuran sangat besar yang bertumpu pada dua batu lainnya. Sensasi lainnya yang terdapat di lokasi wisata ini ketika memulai pendakian adalah jalanan yang setapak serta sempitnya jalanan karena jalan menuju puncak diapit oleh dinding batu sebelum mencapai pos 1. Sehingga jalanan setapak ini hanya bisa dilewati oleh satu orang saja, dan jika kita berpapasan dengan rombongan atau pengunjung yang ingin turun maka kita harus rela untuk bergantian.

gunung api purba

Pendakian gunung api purba

Keluar dari celah batu sempit tersebut sebuah batu besar yang berada disebelah kiri menjadi salah satu bagian menarik untuk kita kunjungi karena pemandangan disini cukup menarik jadi tidak heran banyak sekali pengunjung yang rela antri untuk berfoto di lokasi ini.

Naik sedikit di lokasi pandang Pos 1 menyajikan pemandangan yang sangat luar biasa dimana Kota Jogja terlihat dari kejauhan sementara hamparan sawah-sawah disekitar gunung Kidul memberikan pemandangan hijau yang memanjakan mata kita.

Jika anda mendaki dimalam hari, tak heran jika kita bisa melihat hamparan lampu-lampu kota Jogja yang indah.

bagi anda yang penasaran berikut ini sedikit review dari salah satu akun Riding Java yang mengabadikan momen saat trecking di gunung api purba nglanggeran.

About the author

pakettourjogja administrator

Leave a Reply