Museum Affandi Tentang Maestro Legendaris Indonesia

Museum Affandi Tentang Maestro Legendaris Indonesia

Jalan yang menghubungkan kota Yogyakarta dan Solo tepatnya di Jalan Laksada Adisucipto 167,  diatas tanah seluas 3500 meter persegi berdiri sebuah bangunan museum. Letaknya yang strategis ditepi barat dari Sungai Gajahwong Museum Affandi  ini berdiri. Sang Maestro Affandi lah yang membangun museum ini pada tahun 1962. Dari penganlaman masa kecilnya sang maestro membangun gedung yang berkonsepkan seperti lembaran daun pisang.

Museum Affandi

Museum Affandi (pict by : adekdimas_ajisaka)

Museum Affandi

Museum Affandi (pict by: rossysafa)

Dimana 300 lukisan yang terdapat di Museum Affandi yang masih utuh tersimpan adalah hasil karya dari pelukis legendaris Indonesia. Bangunan yang beratapkan warna hitam ini dibangun dengan tujuan untuk menghormati sang Maestro seni Lukis Indonesia, Affandi. Selain karya Affandi di museum ini juga terdapat dari hasil karya beberapa seniman yang lainnya. Bukan hanya karya lukis saja yang terdapat dimuseum ini melainkan beberapa benda koleksi milik sang Maestro yang bernilai seni tinggi dan unik.

Sejarah pembangunan gedung museum (GALERI 1) untuk memamerkan hasil karayanya bermula pada tahun 1974 yang diresmikan oleh Dirjen Kebudayaan Prof. Ida Bagus Manta. Pada galeri ini terdapat lukisan yang berupa karya-karya dari tahun-tahun awal karirnya hingga tahun terakhir semasa hidupnya, dan masih banyak lagi.

Museum Affandi

Museum Affandi (pict by :etty.rahmawati)

Museum Affandi

Museum Affandi (pict by : astuti09)

Pada tahun 1987 di areal tanah seluas 351,5 meter persegi Presiden Soeharto memberikan bantuan berupa pendirian bangunan di GALERI II yang kemudian ditahun 1988 diresmikan oleh Prof. Dr. Fuad Hassan yang merupakan  Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Di galeri ini terdapat dua lantai, Lantai pertama terdapat lukisan yang bersifat abstrak, sedangkan lantai kedua terdapat lukisan yang bercorak realis. Selain itu di galeri kedua ini juga terdapat kaos kerja sang Maestro Affandi yang selalu digunakan ketika hendak melukis.

Pada tanggal 26 Mei 2000 GALERI III diresmikan oleh Sri Sultan HB X, bangunan yang didirikan pada tahun 1997 ini dibangun oleh yayasan Affandi. Di galeri ketiga ini terdapat berbagai karya dari keluarga Affandi, sulaman Maryanti, Lukisan Rukmini dan Kartika. Dengan terdiri dari tiga lantai, lantai pertama digunakan untuk ruamg pameran, lantai kedua untuk ruang perawatan/perbaikan lukisan, dan ruang bawah tanah sebagai ruang penyimpanan lukisan.

Sejarah singkat tentang sang maestro dengan nama lengkap Affandi Koesoema. Beliau lahir pada tahun 1907 di Cirebon, Jawa Barat, dan meninggal dunia pada 23 Mei 1990. Berkat gaya romantisme dan ekspresionisnya yang khas beliau menjadi pelukis Indonesia yang paling terkenal di dunia. Semasa hidupnya lebih dari 2000 karya lukis yang beliau hasilkan. Melalui karyanya yang dipamerkan diberbagai Negara di dunia baik di Australia, Amerika, Asia maupun Asia. Di tahun 1974 sang maestro mendapat penghargaan dari University of Singapore dengan gelar Doktor Honoris Causa. Untuk lebih detailnya saksikan video berikut oleh Museum Yogyakarta (MUSEUM AFFANDI)

Selain itu ada keindahan seni yang lain berikut video oleh Sri Wisnu (MUSEUM AFFANDI – Lukisan Termahal di Dunia – Tourism Destination Yogyakarta Indonesia [HD])

Di buat takjub kami Darma Jaya Tour & Travel ketika berkunjung ke Museum Affandi dengan karya-karyanya yang begitu luar biasa. Dalam paket wisata jogja yang kami tawarkan, salah satunya adalah kunjungan ke Museum Affandi. Sangatlah cocok bagi anda yang hoby dengan seni karena disini anda akan mendapat berbagai inovasi yang ada. Sekian petualangan kami di kediaman sang maestro, sampai jumpa kembali kawan di petualangan yang akan berikutnya, salam wisata.

Fasilitas di Museum Affandi

  • Kafe
  • Sanggar
  • Kolam Renang
  • Perpustakaan
  • Galeri
  • Toilet
  • Musholla
  • Tempat Parkir
  • Toko Souvenir

Tiket masuk Museum Affandi

  • Wisatawan lokal          Rp. 20.000,-/orang (free softdrink)
  • Wisatawan Asing         Rp. 50.000,-/ orang (Free softdrink + souvenir)
  • Kamera hp                   Rp. 10.000,-/kamera hp
  • Kamera/ Video            Rp. 20.000,/kamera

Jam Kunjung

  • Senin-Minggu 09.00-16.00 Wib
  • Hari libur nasional tutup

Note : diharap untuk kunjungan dihari minggu untuk menghubungi pengelola terlebih dahulu.

Rute menuju Museum Affandi

Berlokasi di Jalan Laksada Adisucipto 167, barat Sungai Gajahuwong.

Untuk lebih detailnya ada di Google Map berikut :

About the author

pakettourjogja administrator

Leave a Reply