Nasi Goreng Beringharjo

Nasi Goreng Beringharjo

Kelezatan Kuliner Jawa Cina

Jl. Pabringan 1, Yogyakarta, Indonesia

Di jalan Mataram pertigaan ketiga sebelah kiri jalan yang menuju pasar bersejarah di kota Yogyakarta akan kita jumpain Nasi Goreng Beringharjo. Sebelum di penghujung tahun 2004 tepatnya sebelum adanya pembersihan pedagang kaki lima di wilayah itu, Nasi Goreng Beringharjo bisa kita temui di pertigaan yang menuju kawasan shopingdan kini sudah dirombak menjadi Taman Pintar dan Taman Budaya.

nasgor beringharjo

Nasi goreng ini merupakan salah satu yang pantas dicicipi karena kelezatannyayang telah diakui banyak orang dan sudah dikenal sejak tahun 1960-an. Para pengunjung tidak perlu menunggu lama untuk mencicipi nasi goreng tersebut, sebab penjual biasanya memasak nasi goreng langgung dalam porsi banyak sehingga menghidangkannya dalam waktu yang cepat. Anda bisa mulai datang pukul 18.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB dan bisa memilih ingin duduk di kursi ataupun lesehan.

Jenis masakan nasi goreng sebenarnya berasal dari daratan Cina yang kemudian bermigrasi ke Indonesia. Mulanya nasi goreng muncul dat tradisi Cina yang tidak ingin membuang nasinya yang sisa sehingga nasi tersebut diolah dengan bumbu-bumbu yang tersedia, seperti bawang putih, bawang merah, dan kecap. Ketika bangsa Cina mulai berdatangan ke Indonesia, masakan nasi goreng mulai dikenal oleh warga Indonesia dan berangsur-angsur menjadi satu dengan masakan Indonesia.

nasi goreng

Nasi Goreng Beringharjo yang tetap memiliki kekhasan, proses memasaknya tidak seperti nasi goreng lainnya yang memasak dalam porsi kecil dan jumlah kecil. Sekali memasak seringkali penjual menuangkan nasi sebanyak setengah bakul di wajan super besar yang sudah diisi bumbu-bumbu khusus. Disebut bumbu khusus karena penjual tidak lagi meracik ditempat, tetapi sudah berbentuk campuran yang siap dimasak dan untuk melezatkan nasi goreng tersebut.

Daging sapi atau ayam akan ditambahkan dalam satu porsi piring nasi goreng, selain itu ditambahkan pula beberapa irisan daun seledri, kol, tomat, acar sebagai pelengkap dan telur dadar bulat. Saking lezatnya, banyak para pengunjung memesan nasi gorengnya dalam porsi besar dari mulai 1,5 hingga 2 porsi langsung untuk satu orang. Rasa nasi goreng bisa dikatakan pas dilidah, tidak terlalu asin juga tidak terlalu manis. Aroma bawang putih tidak terlalu kuat akan tetapi tetap terasa di lidah, selain nasi goreng juga tersedia bihun,bakmi dan babi kecap yang tidak kalah lezatnya. Bagaimana, tertarik akan mencicipinya ?

Yuk jalan-jalan ke jogja bersama kami, dan dapatkan harga paket termurah, terpercaya dan terbaik untuk rombongan atau keluarga anda.

Tlp : (0274)2830948

SMS/WA : 0878-3916-2479

BBM : 54C59FC4 || Email : cs@pakettourjogja.com

About the author

pakettourjogja administrator

Leave a Reply