Nuansa Timur Tengah yang ada di Gumuk Pasir Bantul

Nuansa Timur Tengah yang ada di Gumuk Pasir Bantul

Mungkin kebanyakan orang masih belum percaya akan keberadaan Gumuk Pasir atau bukit pasir atau sand dune yang ada di Yogyakarta. Gumuk Pasir di Asia Tenggara hanya Indonesia lah yang mempunyainya. Jenis bukit pasir ini adalah adalah barchans atau bulan sabit.

Gumuk Pasir

Gumuk Pasir

Bukit Pasir ini terbentuk oleh adanya angina yang membawa material pasir dan membentuk macam-macam bentuk gumuk pasir. Material vulkanik Gunung Merapi berupa batuan yang pecah menjadi kerikil dan akhirnya menjadi butiran pasir terbawa angin menuju pantai tertahan oleh ombak dan angin yang sangat kuat dari Samudera Hindia menghasilkan seni indah gumuk pasir ini. Fenomena alam ini menarik untuk dijadikan obyek wisata.

Gumuk Pasir adalah salah satu objek paket wisata jogja yang sangat unik dan satu-satunya di Indonesia, bahkan banyak wisatawan yang mengatakan bahwa gumuk ini sangat mirip dengan padang pasir Sahara, di Afrika. Gumuk Pasir juga menjadi tempat para pecinta fotografi berburu objek foto yang menarik.

Keberadaan Gumuk Pasir ini juga di jadikan laboratorium alam yang sangat berguna bagi manusia untuk memahami kondisi dan gejala alam yang masih belum di ketahui oleh manusia. Lokasi dari gumuk pasir ini adalah berada di antara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok.

Gumuk Pasir

Gumuk Pasir

Gumuk dalam bahasa jawa merupakan gundukan atau tumpukan. Jadi Gumuk Pasir disini dimaksudkan dengan tumpukan atau gundukan pasir. Harga tiket masuk Gemuk Pasir Parangkusumo adalah Rp. 3.000. Harga tersebut belum termasuk parkir jika anda menggunakan kendaraan pribadi. Sedangkan untuk mencoba sandboarding harga yang dipatok adalah Rp. 200.000/orang (minimal 6 orang) dengan durasi 2 jam permainan. Dengan harga tersebut sudah dilengkapi dengan pelindung seperti helm, pengaman siku dan lutut. Lebih jelasnya mari kita saksikan video oleh Papu Xander (My Trip My Adventure – 9 Oktober 2015 – Sandboarding Gunung Kidul Yogyakarta) berikut :

Bila anda ingin berkunjung kesini, tempat wisata ini sudah mulai dibuka di pagi hari hingga malam hari. Sayang rasanya bila berlibur ke jogja tak mampir tempat ini. Di malam hari, dari hamparan pasir yang indah anda bisa menikmati hamparan langit yang jernih dan penuh bintang.

About the author

pakettourjogja administrator

Leave a Reply