Pantai Kukup Si Tanah Lot Mini Yogyakarta

Pantai Kukup Si Tanah Lot Mini Yogyakarta

Hamparan luas pasir putih yang membentang dibibira pantai adalah dambaan dari setiap wisatawan yang berkunjung pesisir selatan Pulau Jawa. Salah satunya yang dimaksud adalah Pantai Kukup yang merupakan deretan pantai di Gunungkidul. Meskipun pasir putihnya yang didominasi oleh butiran pecahan batuan gamping yang cukup halus yang terlihat sangat indah.

Pantai Kukup

Pantai Kukup (pict by : yhoto.w.putra)

Pantai Kukup

Pantai Kukup (pict by : ciaaaaw)

Pantai Kukup ini berlokasi di Desa Kemadang, kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Dengan kendaraan pribadi memakan  waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam hingga 2 jam perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta. Aksesnya pun cukup terawat dan mulus sehingga memudahkan wisaatawan cepat samapai tujuan. Hanya dikenakan Rp. 10.000,-/orang untuk tiket retribusi bebas keluar masuk ke 8 kawasan pantai yang berderet seperti Pantai Kukup, Pantai Baron, Pantai Sepanjang, Pantai Krakal, Pantai Drini, Pantai Sundak, Pantai Poktunggal dan Pantai Pulangsawal (indrayanti).

Ada pun paket wisata jogja yang kami tawarkan kepada anda salah satunya adalah Pantai Kukup. Karena pemandangannya yang aduhai tersaji di pantai ini, terlihat dari bukit kapur yang mengapit  bukit karang dan hamparan pasir putih. Maka jangan terkaget juga dengan julukan dari Pantai Kukup sebagai aquarium alam karena banyaknya ikan hias yang hidup di habitat laut pantai ini. Selain itu juga pantai ini disebut juga sebagai Tanah lot versi mini yang ada di Yogyakarta.

Pantai Kukup

Pantai Kukup (pict by : si_diqi)

Pantai Kukup

Pantai Kukup (pict by : nurulfitrihidayah)

Gundukan terumbu karang yang membatasi daerah laut yang dangkal dan dalam yang berjarak sekitar 100 m dari bibir pantai, melindungi pantai dari hempasan ombak besar sehingga membuat area pantai cukup tenang. Didaerah dangkal ini kita dapat menikmati indahnya kehidupan biota laut meliputi terumbu karang, bintang laut, berbagai ikan hias yng berwarna-warni dan yang lainya.

Ketika air sedang surut kita dapat berjalan kaki hingga ke ujung pantai  ataupun menangkap ikan hias yang mungkin terjebak di karang-karang yang lebih rendah tempatnya. Dan jangan lupa berhati-hati bila bermain dengan ikan-ikan hias bila ada landak laut atau bulu babi jangan sampai dipegang karena duri pada bulu babi mengandung racun yang dapat menyebabkan rasa nyeri, kejang, infeksi dan beberapa kasus yang menyebabkan henti nafas. Karena hewan ini juga sangat hobi sekali berada didaerah yg rendah bersama biota laut lainya.

Disisi sebelah barat dari Pantai Kukup ini menyimpan eksotisme  banyak gua-gua karang yang juga terdapat genangan air yang didalamnya terdapat biota laut lainya. Selain itu gua ini juga dijadikan tempat berteduh para wisatawan dari teriknya mentari dan melepas lelah. Adaapun keseruannya berkunjung ke Pantai Kukup oleh BenyPardede [HD 60FPS PERJALANAN MENUJU PANTAI SELATAN YOGYAKARTA | PANTAI KUKUP (PANTAI BERPASIR PUTIH)]

Dipantai ini juga terdapat sebuah gardu pandang untuk menikmati keindahan alam dari Pantai Kukup yang berada diatas sebuah pulau berkarang, pulau ini diberi nama dengan sebutan Pulau Jumino. Pulau ini berada di sisi sebelah timur pantai, aksesnya pun juga nyaman karena sudah dibangun jembatan yang menghubungkan Pantai Kukup dengan Pulau Jumino. Untuk lebih detailnya di video berikut oleh bambang supodo (PANTAI KUKUP PANTAI TERINDAH DI GUNUNG KIDUL)

Sebelum pulang kami Darma Jaya Tour & Travel menyempatkan diri untuk mampir diwarung-warung pinggiran pantai menikmati makanan khas Gunungkidul. Selain itu juga para wisaatawan yang menginginkan oleh-oleh terdapat banyak di pedagang kaki lima di Pantai Kukup. Cinderamata pun khas Pantai Kukup juga bisa anda daptkan disini, bila ingin berlama-lama di Pantai Kukup juga terdapat penginapan yang berada disekitar obyek wisata.

Fasilitas yang ada di Pantai Kukup

  • Musholla
  • Toilet umum
  • Tempat Parkir
  • Warung Makan
  • Pedagang Cinderamata
  • Pedagang ikan hias
  • Penginapan

Harga tiket masuk pos retribusu Pantai Kukup

Rp. 9.500,/orang (8 pantai : Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, krakal, Sundak, Indrayanti, dan Pok Tunggal)

Dibawah 5 tahun geratis

Rute menuju Pantai Kukup

  • Dari pusat kota Jogja menuju ke arah Wonosari dengan jarak kurang lebih 40 Km
  • Dari Wonosari ambil jalur menuju pantai Kukup Baron (ke selatan) kurang lebih 22 Km

Untuk lebih detailnya di Google Map berikut :

About the author

pakettourjogja administrator

Leave a Reply