PANTAI NGLAMBOR

PANTAI NGLAMBOR

Akuarium Semesta yang Dijaga Sepasang Kura-Kura Raksasa

Dasar laut Pantai Nglambor bagai akuarium semesta yang menyimpan sejuta pesona. Atas jasa sepasang “kura-kura raksasa” yang mampu menjinakkan garangnya ombak dari Samudera Hindia, panorama bawah laut di pesisir selatan ini pun bisa diselami keindahannya.

Merinding dibuatnya mendengar derauan ombak yang menghantam karang di Pantai Nglambor. Deburan ombak ini langsung ada kaitanya dengan samudra hindia, yang merupakan dari bagian pantai selatan pulau jawa. Pantai yang berada diselatan pulau jawa memang berbeda jauh dengan yg dibagian utara, yang begitu tenang ombaknya.

Pantai Nglambor

Pantai Nglambor

Namun para wisatawan jangan panik dulu, karena diPantai Nglambor terdapat karang yang besar seperti kura-kura raksasa. Batuan karang itu mampu menjinakkan ganasnya ombak Samudra Hindia, sehingga para wisatawan dapat berenang maupun snorkeling menyaksikan keindahan panorama bawah laut bersama ikan-ikan kecil.

Akses untuk menuju Pantai Nglambor dengan kendaraan pribadi (motor) cukup membuat adrenalin kita naik dengan melalui jalan yang cukup ekstrim, dikarenakan Pantai Nglambor yang belum lama ini dibukannya. Sehingga kendaraan Besar seperti bus ataupun mobil tidak biasa parkir didekat bibir pantai dan harus dipinggir jalan utama, kita pun harus trekking sekitar lima belas menit untuk dapat bersentuhan langsung dengan air pantainya.

Di Pantai Nglambor juga terdapat sebuah jasa penyewaan Alat snorkeling lengkap dengan Pemandunya. Pemandangan dibalik gulungan ombak kecil di Pantai Nglambor akan membuat anda terkagum-kagum, betapa indahnya ekosistem bawah laut Pantai Nglambor yang bagaikan Akuarium semesta. Kawasan ini sangat dijaga oleh masyarakat sekitar Pantai Nglambor.

Di budidayakanya beberapa jenis ikan dan konservasi terumbu karang dan biota laut lainya oleh masyarakat sekitar. Selain itu juga masyarakat sekitar masih kental akan budaya dan adat istiadat. Hal ini terbukti, dalam setahun sekali masyarakat sekitar mengadakan Tradisi Upacara sedekah laut “Ngalangi” di pantai ini. Dalam bahasa jawa “Ngalangi” berarti menghalangi atau melarang. Upacara tersebut bertujuan untuk melarang siapapun untuk menangkap ikan di kawasan pantai kecuali sekali dalam setahun, di luar musim pemijahan ikan. Hanya dengan gawar lah prosesi penangkapan ikan di perbolehkan. Gawar adalah semacam jarring dari akar pohon wawar yang dipancangkan dan dihalau ke laut besama-sama.

Begitu mempesona ciptaan tuhan dengan kesadaran masyarakat sekitar akan kelestarian alam disekitarnya. Mari kita juga menjaga alam disekeliling kita agar mereka yang berkunjung merasa nyaman.

About the author

pakettourjogja administrator

Leave a Reply