Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang

Si Pantai Kuta nya Jogja, tak harus jauh-jauh pergi ke Bali, jika hanya ingin berjemur. Di Pantai Sepanjang adalah pilihan yang teapat bagi anda yang suka berjemur, karena pantai yang satu ini memiliki nuansa yang lebih asri dari Pantai Kuta.

Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang

Di antara deretan pantai di Gunung Kidul Pantai Sepanjang lah yang memiliki garis pantai terpanjang. Sehingga akan hal ini pantai ini diberi nama “Sepanjang”. Pantai Sepanjang merupakan salah satu pantai yang baru dibuka. Kerang di wilayah pasang surut pantai pun masih terawat. Warna biru air laut menandai jika belum banyak tercemar. Di bibir pantai dihiasi dengan gubug-gubug beratap daun kering dan dihiasai tumbuhan palem dengan suasana pantai yang masih sangat alami. Dari hal tersebut, tak ada salahnya bila pemerintah daerah maupun investor berencana menjadikan pantai ini sebagai Pantai Kuta nya Jogja.

Pantai Sepanjang masih sangat dekat dengan nuansa alamnya, berbeda dengan Pantai Kuta di Bali yang menawarkan hal-hal klise seperti beach café dan cottage mewah. Disini anda akan bisa melakukan banyak sesuatu yang mengasyikan yang tak akan anda temuai di Pantai Kuta. Yang diantaranya Anda bisa bermain dikarang dan bermain petak umpet dengan berbagai jenis bintang laut (Echinodermata) dan kerang-kerangan (Mollusca). Mencrabut rumput laut yang tertanam dan menemukan limpet dibebatuan sekitar pantai. Bila terlalu asyik akan hal ini, anda juga harus berhati-hati agar tak tertancap duri landak laut.

Bernostalgia dengan pantai Kuta tempo doeloe adalah yang biasa para wisatawan Domestik maupun Mancanegara lakukan disini. Karena di Pantai Sepanjang ini anda bisa berjemur dibawah terik matahari, membelah ombak dengan selancar, ataupun hanya melihat keindahan pantai. Menikmati jalan-jalan dari ujung ke ujung hamparan paasir putih yang biasa wisatawan lokal lakukan dipantai ini. Semua ini bisa anda nikmati begitu tiba dipantai yang tak jauh dari Pantai Sundak ini.

Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang

Diperjalana kami Pakettourjogja menuju pantai ini, kami bisa tahu bahwa betapa kenthalnya kebudayaan masyarakat. Pantai yang landai dan langsung diterpa ombak menyebabkan tak ada penduduk yang melaut. Rutinitas masyarakat sekitar masih banyak yang bertani ataupun berkebun. Disepanjang perjalanan kami, kami menemui beberapa gubug. Gubug tersebut biasa digunakan masyarakat sekitar untuk beristirahat bila telah lelah dalam berladang. Karena ladang yang jauh dari pemukiman penduduk membuat mereka berangkat pagi pulang sore sehingga membuat gubug diladang. Ladang itu biasa masyarakat sekitar untuk menanam jagung atau pun singkong sebagai sumber makanan pokok. Bila melihat ke belakang, akan tampak dua buah bukit yang bagian lerengnya digunakan penduduk setempat untuk berladang. Tanah di puncak bukit tersebut telah dibeli oleh investor untuk dibangun sebuah villa yang harapannya bisa digunakan sebagai penginapan wisatawan.

Tempat yang satu ini bukan hanya menyuguhkan keindahan alam yang memukau, namun juga mempunyai situs bersejarah, yaitu Banyusepuh. Yang menurut arti dari masyarakat sekitar “banyu” = air, “sepuh”= basuh atau membasuh, atau biasa disebut juga mata air pemandian. Yang konon katanya yang menggunakan adalah para wali, yang digunakan untuk membasuh atau memandikan pusakanya. Situs ini tak banyak diketahu banyak orang, jika kita tak bertanya pada penduduk setempat. Ketika kami Pakettourjogja penasaran ingin melihat, seperti apakah situ situ sekarang. Ternyata situs ini sekarang hanya tinggal kubangan kering yang ditumbuhi tanaman liar.

Setelah capek berkeliling, kami pun melepas lelah di gubug-gubug yang berada dipinggiran Pantai Sepanjang. Sambil menikmati segarnya es kelapa muda dan terpaan angin laut. Nah, sangat menarik bukan berwisata di tempat Sepanjang? Jadi, tunggu apa lagi? Anda tinggal melaju dengan sepeda motor atau menginjak pedal gas mobil Anda. Tak usah menggubris naik turunnya medan ataupun jalan bebatuan menuju pantai ini sebab keindahan alam dan budaya yang akan dinikmati jauh lebih dari pengorbanan Anda. Kami pakettourjogja juga sempat berbincang dengan seorang turis asal jerman dia berkata “saya tak menyangka betapa indah dan mempesonanya Pantai Sepanjang yang tenang ini, Pantai ini tak kalah menarik dari Pantai Kuta dan membuat saya ingin kembali kesini disetiap liburan” (pakettourjogja.com)

About the author

pakettourjogja administrator

Leave a Reply