Pecel Baywatch

Pecel Baywatch

Menyantap Pecel Kembang Turi Racikan Mbah Warno “Anderson”

Kasongan, Bantul, Yogyakarta, Indonesia

Awal mulanya team Pakettourjogja sempat bingung dengan julukan Pecel Baywatch yang disandang oleh pecel Mbah Warno, terlintas di benak pikiran kami imajinasi nakal tentang sosok sang penjual yang memakai bikini seperti Mbakyu Pamela Anderson ataupun keberadaan warung berada di pinggir pantai. Ternyata salah dugaan kami, jadi beginilah cerita selengkapnya.

pecel

Warung pecel Mbah Warno terletak didaerah kasongan dan tepatnya berada jalan yang menuju Gunung Sempu. Mbah warno telah mulai membuka usaha sejak 35 tahun yang lalu dan sangat sederhana. Papan nama warung pecel Mbah Warno hanya berukuran kurang lebih 30 x 20 cm2 dan pasti akan terlewatkan bila tidak memperhatikan secara benar benar. Interior warung berisikan perabot yang fungsional apa adanya, hanya terdapat meja, kursi kayu dan satu dipan bambu. Dibelakang meja yang berfunsi untuk meletakan dagangannya, terdapat dapur berisikan beberapa anglo yang selalu mengepulkan asap. Itu merupakan sebuah posisi dapur yang tidak disengaja dikarenakan dapur yang terletak dibagian belakang runtuh akibat pasca gempa Mei 2006 termasuk rumahnya Mbah Warno. Bila ditanya mengapa dapurnya didepan? “Belum punya uang untuk bikin dapur yang baru” ujar Mbah Warno sambil tersenyum.

Mbah Warno yang menjajakan menu utama pecel dengan berbagai macam lauk sebagai pengiringnya, mulai dari belut goreng kering, mangut belut (belut dengan kuah santan berbumbukan cabai), lele goreng, bakmi goreng hingga tahu bacem. Sambil menunggu pesanan kami datang, pikiran kamipun melayang menelusuri asal usul pecel yang sama tidak jelasnya dengan pecel didaerah lain. Banyak didaerah Pulau Jawa yang memiliki ciri khas pecel masing masing, misalnya pecel Slawi, pecel Blitar, pecel Madura, pecel Madiun dan lain lain. Kemudian lamunan kamipun terhenti karena pesanan pecel datang dan beberapa makanan pengiring tertata di meja makan. Satu porsi pecel, tahu bacem dan lele goreng seolah-olah menantang kami untuk segera melahapnya.

asisten mbah Warno

Terdapat empat jenis sayuran didalam pecel bikinan Mbah Warno ini yang berlumurkan bumbu kacang, yaitu daun pepaya, kecambah, daun bayam dan kembang turi. Disaat kita mulai menyantap satu sendok pecel ada rasa manis dari bumbu kacang dan saat mengunyah sayur kembang turi akan terasa agak getir dilidah, rasa manis tadi berpadu sehingga menimbulkan kelezatan yang sangat sulit diungkapkan.

Pecel dengan tambahan kembang turi merupakan ciri khas pecel ndeso (desa) yang dijaman modern sekarang ini sangat jarang ditemukan penjual pecel seperti itu. Konon katanya kembang turi memiliki khasiat mengobati sakit kepala ringan dan mencegah terjadinya panas dalam. Jadi tidak heran kalau orang Jawa, Suriname dan India masih sering menyantap kembang turi muda sebagai sayuran. Pecel akan semakin lezat jika ditambah dengan tahu bacem ataupun lele goreng, untuk tahu bacem yang ditawarkan di warung ini lumayan cukup besar ukurannya dan dapat dinikmati sebagai camilan bersama lombok rawit sedangkan lelenya digoreng hingga kering sehingga crispy saat digigit. Selain tahu bacem dan lele goreng ada juga terdapat hidangan lain seperti belut goreng kering dengan ukuran kecil, ada juga belut goreng basah dengan ukuran agak besar, bakmi goreng dan mangut lele bagi pengunjung yang menginginkan makanan selera pedas.

pecel baywatch

Sambil menikmati pecel bikinan Mbah Warno kita bisa ngobrol dengan pemilik warung tersebut dan para asistennya dan kami mulai paham kenapa pecel ini medapat julukan pecel Baywatch dikarenakan Mbah Warno dan para asistennya selalu mengenakan sejenis baju yang sering disebut kaus kutang, menurut Mbah Warno pakaian ini sangat nyaman digunakan di tengah udara pedesaan Kasongan Bantul yang panas dan kering

Jadi walaupun penjual pecel ada dimana-mana, Pecel Baywatch bikinan Mbah Warno tetapmenawarkan sesuatu yang lain bagi para pengunjungnya. Sebuah kombinasi suasana pedesaan yang sangat kental, kelezatan makanan dan keramahan Mbah Warno Anderson.

Mau mencicipi Pecel Baywatch ini bersama kami? yuk segera hubungi kami dan dapatkan harga paket tour ke Jogja dengan harga yang spesial.

Tlp : (0274)2830948

SMS/WA : 0878-3916-2479

BBM : 54C59FC4 || Email : cs@pakettourjogja.com

About the author

pakettourjogja administrator

Leave a Reply