Pesona Candi Sewu

Pesona Candi Sewu

Sumber: Google

Candi Sewu adalah Candi Budha yang terletak di sebelah Utara Candi Prambanan. Candi Sewu didirikan pada tahun 782 dan ditemukan pada tahun 1960. Candi yang memiliki 249 candi ini, dibangun pada masa Pemerintahan Rangkai Panangkaran.

 

Adanya Candi Sewu yang bercorak Budha berdampingan dengan Candi Prambanan menunjukkan bahwa jaman dahulu umat Budha dan umat Hindu Jawa hidup harmonis. Candi ini pernah rusak akibat dadi bencana gempa Yogyakarta tahun 2006. Meski situs dibuka kembali setelah bencana gempa, akan tetapi candi utama tetap ditutup dengan alasan keamanan.

 

Pemandangan di kompleks Candi Sewu sangat mempesona, kamu bisa menikmati kemegahan bangunan candi di bawah pohon yang rindang. Semilir angin yang bertiup membuat kamu enggan untuk beranjak. Duduklah di bangku taman, sambil sesekali berswafoto dengan latar candi.

 

Pesona Candi Sewu juga bisa kamu nikmati pada sore hari. Menjelang senja, sinar emas mentari yang menerobos di sela-sela bangunan candi mencipta suasana magis. Jika berkunjung pada saat senja, kamu akan mendapatkan pemandangan matahari tenggelam yang indah dengan bangunan candi sebagai latar depan.

 

Selain itu daya tarik Candi Sewu ini adalah adanya pertunjukan Sendratari Ramayana. Pada hari Selasa, Kamis, dan Jumat, akan dilangsungkan pagelaran Sendratari Ramayana di kompleks Taman Wisata Candi Prambanan. Pertunjukan ini memadukan seni tari, drama, dan musik jawa. Meski tanpa ada dialog antara pemainnya, kamu tetap bisa mengikuti jalan cerita Ramayana. Pagelaran kolosal nan indah ini dimulai pada pukul 19.30 – 21.30 WIB. Pada musim kemarau pertunjukan akan dilangsungkan di open theater, namun pada musim penghujan pertunjukan dilaksanakan di Gedung Trimurti. Tiket untuk menyaksikan Sendratari Ramayana berbeda dengan tiket masuk Candi Prambanan. Pastikan pertunjukkan yang sudah berlangsung selama puluhan tahun ini masuk dalam daftar kunjunganmu ke Yogyakarta.

 

Untuk kalian yang sedang merencanakan liburan ke Jogja, kalian bisa berkunjung dan menikmati kemegahan Candi Sewu. Kalian bisa masuk Candi Sewu melalui pintu masuk Candi Prambanan karena itu satu-satunya akses untuk menuju ke Candi Sewu. Harga tiket masuk Candi Prambanan sebesar Rp. 40.000 untuk wisatawan lokal. Agar bisa sampai di Candi Sewu kalian dari Candi Prambanan bisa berjalan kaki ke arah utara, atau bisa sewa sepeda, kalo kalian datang bersamaan dengan jadwal kereta wisata, bisa juga naik ini. Selama perjalanan menuju Candi Sewu kalian akan melewati beberapa candi yang ada di komplek Candi Prambanan.

 

 

 

TAGS

Candi Sewu, Sendratari Ramayana, Paket Wisata Candi Sewu, Harga Tiket Masuk Candi Sewu, Paket Wisata Ramayana Ballet

About the author

admin administrator

Leave a Reply