Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong

Menu Legenda dari Imogiri Bantul

Kalau anda ke Yogyakarta jangan sampai melewatkan tempat kuliner yang unik dan nikmat yaitu Sate Klatak. Kuliner ini wajib sekali dicoba, bukan hanya unik tetapi rasanya sunguh nikmat. Sate Klathak ini banyak sekali terdapat di sekitaran Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta tetapi sate Pak Pong yang sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan dan nama Pak Pong sudah sangat tersohor di Yogyakarta.

Pak Pong

Menu yang ditawarkan di warung Pak pong ini semua serba kambing, seperti sate kambing, gulai kambing, tongseng dan tengkleng. Sate Klatak sangat berbeda dengan sate kambing seperti biasanya, sedangkan sate klathak menggunakan jeruji sepeda bukannya batang bambu. Fungsi jeruji sepeda sebagai penghantar panas yang baik agar daging matang hingga ke bagian dalam. Keunikan yang lainnya terdapat di bumbunya, sate klatak hanya menggunakan taburan garam dan ketumbar sedangkan sate pada umumnya mengunakan sambal kacang dan sambal kecap.

sate klathak

Ada keunikan selain tusuk sate menggunakan jeruji sepeda, terletak pada takaran satu porsi yang disajikan ke konsumen. Satu porsi sate klatak hanyak terdiri dari 2 tusuk sate, tetapi untuk ukuran dagingnya besar-besar dan satu porsi tersebut cukup sebagai lauk dengan sepiring nasi putih. Untuk menu yang lain seperti gulai, tonseng dan tengkleng tidak kalah nikmatnya dibandingkan satenya. Kalo soal harga satu porsi sate klathak Pak Pong tidaklah mahal dan masih bisa terjangkau untuk ukuran sekelas mahasiswa. Jadi jangan takut kalo kita sedang berkantong tipis tetapi  ingin makan sate kambing yang rasanya nikmat.

About the author

pakettourjogja administrator

Leave a Reply