Sensasi Snorkeling di Pantai Sadranan

Sensasi Snorkeling di Pantai Sadranan

Ketika akhir pekan tiba dipesisi pantai selatan Yogyakarta  mulai dipadati oleh wisatawan salah satunya adalah Pantai Sadranan. Pantai yang berada tersembunyi di balik karang besar yang sepi dan terpencil menjadi favorit sebagian anak muda untuk (ngecamp) berkemah dan menikmati malam di tepi pantai disaat weekend tiba dengan sesembari bermain air.

Pantai Sadranan

Pantai Sadranan (pict by : thokloo)

Begitu tenang rasanya ketika kami Darma Jaya Tour & Travel mengunjunginya, seakan-akan kami dibuat betah oleh suasana di Pantai Sadranan ini. Menikmati dinginya sentuhan gulungan ombak yang berkejaran mengenai kaki-kaki kita, membuat hati ingin untuk menyelam menikmati apa yang ada didalamnya. Namun tak perlu khawatir di Pantai Sadranan juga dibuka kepada siapa saja yang ingin snorkeling, bagi anda yang tak membawa alat-alatnya, disana ada jasa penyewaan alat snorkeling hanya dengan membayar Rp. 50.000 anda bisa menggunakan semua perlengkapan yang ada, selama kurang lebih 2 jam. Dan apabila sedang tidak ada antrian atau sepi penyewaannya anda bisa menggunakannya sepuasnya.

Pantai Sadranan

Pantai Sadranan (pict by : sarahlala22)

Pantai Sadranan

Senja di Pantai Sadranan (pict by : akhidpp)

Untuk keamanan berenang ataupun snorkeling di pantai sadranan ini yang cukup terkenal dengan pesisir pantai selatan cukup besar ombaknya tentunya kita harus bisa memilih timeing yang tepat ketika air laut sedang surut, waktu yang tepat saat pagi ataupun senja dimana visibility air masih bagus dan matahari tidak bersinar terik. Sunset yang menawan pun bisa didapat para wisatawan disaat beruntung dicuaca yang mendukung. Selain momon yang tepat untuk snorkeling kita juga harus mematuhi peraturan dimana kita harus berenang yang sudah ditentukan oleh pengelola demi keselamatan bersama.

Asal mula penamaan pantai ini diambil dari nama ritual sedekah laut yang bertujuan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada sang pencipta yang telah memberikan hasil tangkapan laut yang berlimpah, nama dari ritual ini adalah ‘nyadran’.  Dan dari situlah asal mula dari pemberian nama Pantai Sadranan. Begitulah masyarakat sekitar Pantai Sadranan mengucapkan rasa syukur kepada sang pencipta-Nya.

Pantai Sadranan berlokasi di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Perjalanan menuju Pantai Sadranan kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari pusat Kota Jogja. Terletak di sepanjang gugsan pantai di Gunung Kidul. Dengan medan yang cukup menantang berbatuan dan bergelombang untuk dapat menikmati keindahan dari Pantai Sadranan. Hanya dikenakan Rp. 10.000,- di pos retribus utama, anda sudah dapat menikmati beberapa deret pantai Gunung Kidul. Adapun keseruanya oleh Yoshua Nyong (Pantai sadranan Yogyakarta [gopro 3+])

Selain tu juga ada keseruan yang lain oleh jatirogosugihan (SNORKELING SADRANAN BEACH JOGJA)

Hanya dengan berbekal papan petunjuk dari kayu yang reot paket wisata Jogja dapat sampai di Pantai Sadranan. Di suguhkan dengan pemandangan yang begitu eksotis membuat lelah kami memudar dan seolah hilang begitu saja. Di sisi selatan terbentang lautan yang luas dan megah. Sedangkan sisi barat ada tumbuhan merambat seperti daun waru dengan ukuran yang lebih kecil hidup di pasir.

Begitu jernih dan bening airnya, apalagi dengan sinar matahari yang menerobos masuk ke dalam air. Lucunya melihat beberapa kepiting kecil yang berenang dan kemudian menipi dibatuan karang. Ketika kaki menginjakan kepasir terasa kehangatan yang menerpa pori, bisa jadi jutaan butir pasir menyimpan panas dari sinar matahari.

Taklupa wisatawan yang berkunjung mengabadikan momen berharga di Pantai Sadranan ini dengan berfoto berspot pemandangan yang indah. Ada pula yang menulis dipasir pantai dengan berbagai kata ataupun nama. Sore yang berganti dengan malam, kami memutuskan untuk pulang, sekian petualangan kami di Pantai Sadranan. Ayo guys kapan kalian menyusul?

Rute menuju Pantai Sadranan

Bila dari jalan (Jogja-Solo)  (Jln. Solo-Jogja) – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Lanud TNI Gading – Siyono – Bundaran Tugu BPD lurus ke timur – Wonosari – Jalan Baron – Tanjungsari – Pos Retribusi Kawasan Pantai Gunungkidul – Pantai Krakal – Pantai Sadranan.

Untuk lebih detailnya saksikan google map berikut :

About the author

pakettourjogja administrator

Leave a Reply