Si Megah Candi Sambisari yang Tertutup Abu Vulkanik Ratusan Tahun

Si Megah Candi Sambisari yang Tertutup Abu Vulkanik Ratusan Tahun

Peninggalan nenek moyang rakyat Indonesia sangatlah beragam, salah satunya berupa bangunan bersejarah yaitu candi. Pada umumnya bangunan candi yang di Indonesia bangunannya berada di atas bukit atau pun berada di ketinggian. Berbeda dengan candi pada umumnya, Candi Sambisari adalah bangunan yang berada pada kedalaman kurang lebih 6,5 meter dari permukaan tanah.

Candi Sambisari

Candi Sambisari

Candi yang terbilang unik ini dikelilingi taman yang cukup luas dan berumput laksana permadani hijau yang indah. Berhubung Candi Sambisari belum cukup popular dikalangan para wisatawan, tempat wisata sering digunakan untuk photoshoot bersama keluarga/ Sahabat maupun foto prewedding.

Candi Sambisari

Candi Sambisari (pict by fifinw)

Bila hari libur tiba, Candi Sambisari lebih sering dipilih sebagai destinasi keluarga dengan menggelar tikar direrumputan menikmati pemandangan dari atas dan membawa bekal piknik bersama keluarga atau pun sahabat. Karena hanya dengan membayar retribusi sebesar Rp. 3000,- kita dapat menikmati keindahan dan mempelajari sejarah Candi Sambisari. Asyik kan? Piknik nggak harus mahal guys.

Nama “Sambisari” sendiri diambil dimana candi itu berada, yaitu di Dusun Sambisari, Purwomartani, Kalasan ,Sleman. Pada mulanya candi ini berada didalam tanah (dibawah area persawahan) dan ditemukan oleh seorang petani yang sedang membajak sawahny dengan menggunakan bajak tradisonal (Luku) biasa masyarakat jawa menyebutnya. Bajak yang digunakan tiba-tiba patah karena mengenai sebuah batu, petani pun penasaran dan batu itu pun terus digali dan ternyata yang ia temuai adalah bangunan candi. Dari situlah pemerintah melakukan pemugaran setelah bertahun-tahun terkubur oleh material vulkanik Gunung Merapi.

Pada tahun 1966 pertama kali dilakukanya evakuasi pada Candi Sambisari. Ditahun 1975 hingga 1977 sudah mulai nampak satu bagunan candi induk dan tiga buah candi perwara (pengawal). Ketika ditemukan bangunan candi ini dalam keadaan runtuh, dan hanya bagian kaki-kaki saja yang masih utuh. Usailah pemugaran Candi Sambisari pada tahun 1986 kembali menampilkan sosoknya yang anggun dan megah, namun belum penataan taman dan lain sebagainya. Lebih detail mengenai sejarahnya saksikan video berikut oleh Purbakala Yogya ( Candi Sambisari (Sambisari Temple) : Belajar Dari Fenomena Alam dan Budaya Kita. Part 1)

Candi Sambisari terdiri dari 4 buah bangunan candi yaitu sebuah candi induk dan 3 candi perwara (candi pendamping). Sekilas Candi Sambisari menyerupai kastil batu dengan 4 pintu masuk dengan pagar batu 2 lapis. Berikut view Candi Sambisari dari udara oleh farid istijanto (video udara candi sambisar)

Rute perjalanan menuju Candi sambisari

Untuk dapat sampai ke Candi Sambisari sangatlah mudah, karena candi ini berdekatan dengan Candi Sari Kalasan dan Candi Prambanan. Yang beralamat di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman, DIY. Jarak dari Kota Yogyakarta hanya sekitar 12 km arah timur, atau kira-kira 4 km sebelum Kompleks Candi Prambanan.

untuk lebih jelasnya yuk ikuti saja rute dari google map berikut ini :

Bila anda penasaran dan ingin mengunjunginya ataupun ada destinasi lain di Jogja, anda bisa menghubungi kami Darma Jaya Tours ,kami akan berikan destinasi menarik beberapa paket wisata jogja khusus untuk anda. Liburan tak harus mahal guys ? So, kapan kalian kejogja ??

About the author

pakettourjogja administrator

Leave a Reply