Taman Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Taman Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Sumber: Google/Geomagz

 

 

Menjelajah destinasi wisata yang baru kita kunjungi memang sangat menarik dan membuat kita dipenuhi rasa penasaran. Seperti apa keindahannya dan apa saja keunikan yang dimiliki. Namun tidak melulu tempat yang sudah pernah dikunjungi menjadi membosankan untuk kembali kita singgahi. Seperti pesona wisata alam yang dimiliki Gunung Kidul Yogyakarta. Selain banyak kita temukan pantai-pantai nan indah di sana kita juga menikmati wisata air yang lain. Seperti objek wisata Air Terjun Sri Gethuk yang masih berada di wilayah Kabupaten Gunung Kidul.

 

Seperti kebanyakan wisata air tejun di tempat ini pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan alam yang dihiasi batu karst yang terbentuk akibat proses alam ratusan tahun yang lalu. Air Terjun Sri Gethuk tidak begitu tinggi namun tetap mempunyai keindahan yang sangat patut untuk dikunjungi. Jika pada umumnya kita berkunjung ke wisata air terjun harus menempuh jarak yang cukup jauh dengan berjalan kaki maka pemandangan berbeda akan kamu temui di sini.

 

Para pengunjung Air Terjun Sri Gethuk akan mengendarai semacam perahu bermotor kecil yang akan mengantarkan pengunjung menuju lokasi air terjun. Di bagian inilah kamu akan mendapatkan bonus perjalanan yang menyenangkan karena perahu akan mengarungi Sungai Oya yang memiliki air sangat bersih hingga tak jarang ada yang menyebutnya seperti Green Canyon yang ada di Amerika.

 

Kawasan Air Terjun Sri Gethuk dialiri oleh tiga matair berbeda yakni mata air Dong Poh, Ngandong, dan Ngumbul sehingga sangat jarang sekali terjadi kekeringan. Sisi lain keindahan yang dimiliki air terjun ini adalah cekungan-cekungannya berbatasan langsung dengan Sungai Oya sehingga menghasilkan efek deburan air yang indah. Selain pengunjung bisa menikmati pemandangan Air Terjun Sri Gethuk pengunjung juga bisa menikmati air terjun ini dengan berenang di Sungai Oya. Jika pengunjung menikmatinya sembari berenang maka akan mendapat pendamping dari pengelola wisata Air Terjun Sri Gethuk yang professional dan tentunya juga mendapat fasilitas kemanan berupa pelampung. Jangan salah meskipun Sungai Oya ini terlihat indah dan memiliki air yang jernih namun tetap saja harus waspada karena terdapat beberapa titik yang memiliki kedalaman lebih dari 3 meter.

 

 

 

 

TAGS

Tempat Wisata Alam di Jogja, Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul, Wisata Murah Jogja, Tempat Wisata di Jogja Yang Wajig Dikunjungi, Jogja Wisata

About the author

admin administrator

Leave a Reply