Tebing Breksi Jogja

Tebing Breksi Jogja

Paket Wisata Jogja – Bila kita membicarakan tempat wisata di Jogja memang tak ada habisnya, selain tempat wisata sejarah, wisata pantai, dan wisata kuliner. Yogyakarta Jogja juga mempunyai destinasi unik yang belum banyak terekspose. Yakni Tebing Breksi mungkin para traveler masih asing dengan tempat yang satu ini, didaerah perbatasan dengan kota Klaten dengan Jogja. Taman tebing breksi gunung purba Yogyakarta ini berlokasi di di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Kurang lebih 1 kilometer sebelum Candi Ijo (dari jalan Prambanan – Piyungan).

Tebing Breksi

Tebing Breksi (pict by ig nicolasbela)

Tempat paket wisata Jogja yang satu ini terbentuk bukan karena faktor kesengajaan, bekas aktifitas penambangan warga sekitar ini menyisakan bekas tambang berupa tebing yang ternyata mampu menyajikan pemandangan yang unik dan bernilai bagi para traveler. inilah yang menjadikan daya tarik tersendiri dari Wisata Taman Tebing Braksi.

paket tour jogja paket tour jogjaPeresmian tempat wisata ini dilaksanakan bersamaan dengan kemah Jambore Pramuka yang diadakan se-DIY yang melibatkan setidaknya 400 penggalang. Pasalnya peresmian ini dihadiri oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB ke X dan didampingi Bupati Sleman Sri Purnomo.

Pada awalnya warga sekitar hanya tahu bahwa tebing yang meraka jadikan area penambangan hanya mengandung bahan material yang dapat digunakan untuk membuat bangunan. Datanglah peneliti yang ingin mencoba meneliti jenis batuan yang ada pada tebing penambangan. Hasilnya pun cukup menghebohkan, ternyata tebing-tebing itu terbentuk melalui proses endapan abu vulkanik dari Gunung Api Purba Nglanggeran Gunung Kidul. Melihat potensi yang sangat luar biasa, warga sekitar pun berbenah dan mempercantik Taman Wisata Tebing Breksi. Berikut lebih detailnya saksikan video berikut oleh Official Net News (Wisata ekstrem Tebing Breksi di Yogyakarta – NET1)

Dari kerjasama warga dan pemerintah daerah, Tambang itu disulap menjadi panggung pentas permanent dengan konsep tempat duduk melingkar. Tak sampai disu saja, pemandangan akan terlihat elok setelah petang tiba. Yakni dengan sorot lampu yang berada disekitar panggung yang mengarah pada tebing, Sehingga menghasilkan panorama yang luar biasa indah dan membuat suasana panggung menjadi lebih megah.

Rute perjalanan menuju Taman tebing breksi

Tebing Breksi terletak di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Kurang lebih 1 kilometer sebelum Candi Ijo (dari jalan Prambanan – Piyungan), Tebing Breksi sendiri masuk dalam cakupan kawasan wisata herritage Candi Ijo.

Sesampainya di traffic light Pasar Prambanan (jalan raya Solo – Yogya) belok ke selatan menuju Piyungan atau Wonosari. Sekitar 3 kilometer kemudian lihat penunjuk jalan menuju Candi Ijo. Ikutilah jalan tersebut.

About the author

pakettourjogja administrator

Leave a Reply