Wisata Candi Borobudur

Wisata Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu destinasi wisata utama jika akan berkunjung ke Yogyakarta, hal ini bisa terjadi karena Candi Borobudur ini merupakan wisata candi Yogyakarta yang mendunia dan menarik banyak kunjungan wisatawan dari berbagai negara. Candi Borobudur juga termasuk ke dalam salah satu keajaiban dunia yang dimiliki Indonesia sejajar dengan berbagai keajaiban dunia lainnya seperti piramida Giza maupun Angkor Wat yang ada di negara di Kamboja.

Candi Borobudur

Candi Borobudur

Candi Borobudur biasanya sudah termasuk ke dalam salah satu tujuan kunjungan paket wisata Jogja yang akan di kunjungi bersama dengan tujuan wisata di Yogyakarta lainnya. Di Objek wisata yang terletak di wilayah Borobudur kabupaten Magelang ini anda akan menikmati mahakarya candi budha buatan nenek moyang bangsa Indonesia yang di bangun di masa Syailendra. Candi tertata apik dari susunan batu alam masa dahulu namun masih kokoh dan terlihat rapi dengan arsitektur yang masih terawat.

Candi ini dibangun tahun 800 masehi oleh penganut Budha Mahayana, namun walau sudah di bangun sejak ratusan tahun yang lalu candi ini baru di kenal dunia sejak tahun 1814 sejak sir Thomas Stamford Raffles yang merupakan gubernur jenderal Inggris di Jawa menemukan kembali candi ini setelah sebelumnya terkubur oleh tanah dan pohon akibat di tinggalkan penganut serta pernah tertutup material letusan gunung berapi.

Candi Borobudur

Candi Borobudur

Sejak ditemukan itulah kemudian Candi dipugar dan terus diperbaiki hingga mendapatkan wujud utuh dan megah seperti yang kita kenal saat ini. Sebagai tujuan tour wisata Yogyakarta, Borobudur memiliki 2.672 panel relief serta 504 arca Budha yang membuatnya menjadi Candi dengan koleksi relief Budha yang terbesar dan terlengkap di dunia. Selain itu bentuk candi yang berbentuk enam teras bujur sangkar serta tiga pelataran melingkar diatasnya membuat Candi ini menjadi candi budha terbesar di dunia.

Di belakang Candi berdiri dengan megah latar gunung hijau yang ada di wilayah Magelang dan Yogyakarta. Suasana yang sejuk serta kondisi alam yang masih natural membuat anda seakan terlempar pada sebuah masa dimana jaman kerajaan tempo dahulu masih jaya. Untuk menikmati Candi secara keseluruhan maka anda harus mendaki candi dari satu tingkat ke tingkat lainnya, namun jangan khawatir akan kecapaian karena dalam setiap tingkat candi Borobudur terdapat relief yang akan menceritakan perjalanan dan kisah epik Ramayana.

Selain kemegahan warisan budaya yang mendunia, di area wisata candi Borobudur kita juga dapat menemukan agenda tahunan yang menarik warga di dunia. Agenda tahunan itu adalah perayaan waisak yang menarik banyak perhatian warga di dunia terutama penganut agama Budha, namun karena agenda waisak ini merupakan agenda keagamaan di harapkan para wisatawan dapat menjaga kekhusukan dan kekhidmatan acara waisak yang diikuti oleh penganut agama Budha ini. Selengkapnya tonton petualangan dari “My Trip My Adventure – 18 Oktober 2015 – Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah” oleh¬†Papu Xander.

About the author

pakettourjogja administrator

Leave a Reply